Author: Unknown
•06.14


            Macam-macam Devisa

    a.Valuta asing (Mata uang asing)
    valuta asing atau sering di singkat valas adlh sejumlah mata uang asing (Negara-negara di dunia yg stabil nilainya)dan dpt digunakan/di terima oleh dunia internasional dlm pembayaran internasional.valuta asing tsb,misalnya dolar Amerika ,yuan Cina ,yen Jepang ,dan euro Eropa.
    b.Emas(gold)
    Emas mempunyai sifat convertible .artinya semua orang atau negara mau menerima uang sebagai alat pembayaran internasional yg sah dlm bentuk batangan(emas moneter)bkn emas sebagai komoditas.
    c.Special Drawing Right (SDR)
    SDR disebut pula sebagai emas kertas.SDR merupakan perkembangan dari DR(Drawing right),yaitu hak kredit bagi Negara anggota IMF(Internasional Monetery fund).SDR bertujuan untuk membantu Negara-negara anggota yg mengalami kesulitan dlm pembayaran internasional.
    d.Cable Order(Transfer Telegrafic)
    cable order merupakan cek yg di kirimkan melalui telegram atau radiogram atau pesawat telpon .
    e.Bill of Exchange(wesel)
     Billof exchange merupakan surat perintah kpd bank untuk membayarkan sejumlah uang kpd seseorang.
     f.Traveller Cheque(TC)
     Adlh cek untuk bepergian atau jalan-jalan.TC yang di bawa oleh turis dpt di cairkan pada bank-bank perwakilan dari bank yg di mengeluarkan TC.Misalnya ,Bank of Amerika mempunyai cabang/perwakilan nya di Indonesia ,maka turis Amerika yg sedang tur di Indonesia dpt mencairkan nya di Indonesia.

    Sumber Devisa dan Tujuan nya    

    a.Sumber devisa
    sumber-sumber devisa khusus nya Negara Indonesia adlh sbb:
    1)Ekspor
    Ekspor adlh pengangkutan barang dari suatu Negara ke Negara lain untuk di jual.
    2)Hibah
     Adlh pemberian dana dari berbagai Negara untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan di Indonesia.lembaga yg sering memberikan hibah antara lain bank pembangunan asia dan bank
Pembangunan islam ,sedangkan  Negara asing  antara  lain  jepang,Australia,dan jerman.
Hibah tdk perlu kembalikan karena sifat nya langsung di tujukan untuk proyek pembagunan.
     3)Tenaga kerja Indonesia di luar negri
     Banyaknya penduduk merupakan potensi yg dpat di manfaatkan.sebagian besar pendapatan tsb di kirim ke dalam negri .berarti menambah devisa Negara.
     4)Industri pariwisata
    Pariwisata adlh salah satu sumber devisa.oleh karena itu ,sektor pariwisata perlu di tingkatkan dan di kelola dgn baik agar dpt menjadi sumber devisa yg sangat potensial.
      b.Tujuan Devisa
    Devisa yg di peroleh dari sumber-sumber yg di sebutkan di atas di gunakan untuk berbagai tujuan .penggunaan devisa adlh untuk hal berikut.
      1)Membiayai impor
    Selain mengekspor barang dan jasa,Indonesia juga mengimpor berbagai jenis barang dan jasa.untuk membiayai impor di gunakan devisa karena devisa merupakan akat pembayaran internasional.
    2)Menyeimbangkan neraca pembayaran
    Jika impor tidak seimbang dgn ekspor,neraca pembayaran mengalami deficit.untuk mengatasi hal ini di butuhkan devisa.
   3)Untuk melaksanakan pembangunan
    Pembangunan di biayai oleh devisa yg kita peroleh dari berbagai sumber.jika tidak ada devisa,kemungkinan pembangunan sangat sedikit di laksanakan.  


|
This entry was posted on 06.14 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: